Newbie Fox In Blogger
[close]

Rabu, 09 November 2011

Cara Memanfaatkan Fitur AutoComplete di Visual Foxpro

Hai-hai newbie foxer kembali lagi saya akan sharing tentang pemrograman visual foxpro.

Kontrol textbox dalam Visual FoxPro 9 memiliki sebuah properti baru yang bernama Autocomplete. Property Autocomplete dapat digunakan untuk mengaktifkan fasilitas untuk dapat membantu melakukan input data dengan cepat. Bila kalian telah mengaktifkan fasilitas ini maka nilai, kata maupun kalimat yang pernah teman – teman ketikkan di textbox akan otomatis tampil di dalam list, saat teman – teman ingin mengetikkannya lagi. textbox yang sudah mengaktifkan fasilitas AutoComplete ini akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

image

Cara mengatur AutoComplete di Textbox

Ada tiga property di textbox yang digunakan untuk mengatur fasilitasAutoComplete ini. Ketiga properties tersebut adalah :

  1. AutoComplete. Di dalam property AutoComplete ada 5 pilihan parameter berikut ini :
    0 - No autocomplete Ini adalah parameter default dari propertyAutoComplete yang menandakan bahwa fasilitas AutoComplete tidak diaktifkan.
    1 - An alphabetical list. Bila memilih parameter ini maka AutoComplete aktif dan list yang ditampilkan isinya akan diurutkan dari A-Z.
    2 - With the most frequently-used values first. Bila memilih parameter ini maka AutoComplete aktif dan list yang ditampilkan isinya akan diurutkan berdasarkan nilai, kata atau kalimat yang paling sering diketikkan di textbox.
    3 - With the most recently-used values first. Bila memilih parameter ini makaAutoComplete aktif dan list yang ditampilkan isinya akan diurutkan berdasarkan nilai, kata atau kalimat yang paling terakhir di ketikkan ditextbox.
    4 - In a user-defined order. Bila memilih parameter ini maka AutoCompleteaktif dan list yang ditampilkan serta pengurutan isinya bisa ditentukan oleh kalian sendiri.
  2. AutoCompTable. Ini adalah property yang digunakan untuk menentukan list yang ditampilkan aka n berasal dari table apa. Bila dibiarkan kosong maka Visual Foxpro akan secara otomatis menciptakan sebuah table yang bernama AutoComp.dbf. Di table AutoComp.dbf inilah semua data yang ditampiilkan di list itu berasal.  Bila teman – teman tidak ingin menggunakan table AutoComp.dbf yang diciptakan secara otomatis oleh Visual Foxpro dan ingin membuat sendiri table tersebut, maka teman – teman mengatur agar table tersebut mempunyai struktur field seperti di bawah ini :

  3. AutoCompSource. Ini adalah property yang digunakan untuk mengidentifikasi textbox mana yang akan digunakan sebagai sumber data dalam AutoComplete. Jika teman – teman membiarkannya kosong, maka secara otomatis dianggap nama dari textbox yang bersangkutanlah yang menjadi sumbernya. Dengan property ini nanti teman – teman bisa mengatur, misalkan ada dua texbox di form , kemudian ingin agar isi list data yang ditampilkan di kedua textbox tersebut sama, maka di keduatextbox tersebut, property AutoCompSource ini bisa diisikan dengan nama textbox yang sama (dipilih dari salah satu textbox tersebut).

Semoga Bermanfaat ^_^



0 komentar: