Newbie Fox In Blogger
[close]

Jumat, 28 Oktober 2011

Perbedaan Antara Tipe Varchar dan Tipe Char

Nah mungkin kalian pernah bertanya-tanya apa sih perbedaan antara kedua tipe data tersebut?? nah daripada penasaran lebih baik kita baca dulu penjelasannya yuk.

Tipe data Char merupakan tipe data karakter yang panjangnya tetap dan tak akan berubah (fixed-length). Jadi pada saat kita membuat tabel dan memberikan suatu tipe data Char dengan panjang 5 karakter. Maka SQL Server akan mengalokasikan memori pada media penyimpanan sebanyak panjang karakter yang kita deklarasikan.

Sebagai contoh : saya akan memberikan tipe data char pada field no_trans dengan panjang 5.
Setelah itu saya mengisinya dengan jumlah 3 karakter pada field tersebut, maka sql tetap akan mengalokasikan memori untuk penyimpanannya sebesar 5 karakter pada field tersebut. Walaupun nantinya ketika terjadi penambahan atau perubahan data pada tabel tersebut panjang karakternya kurang dari 5, SQL server akan tetap menyimpannya dengan panjang 5 karakter dengan menambahkan 2 krakter kosong pada field tersebut.

Tetapi kebalikan dengan tipe data char, tipe data Varchar adalah tipe data karakter yang panjangnya tidak tetap alias berubah-ubah(variable-length). SQL server akan mengalokasikan memori pada media penyimpanan sepanjang karakter yang akan kita simpan. Misalnya kita membuat tabel dengan mendeklarasikan suatu field/kolom dengan tipe data Varchar dengan panjang 10 karakter, maka SQL server tidak akan mengalokasikan 10 karakter pada setiap kali terjadi penambahan atau perubahan data, akan tetapi dia akan melihat terlebih dahulu panjang karakter dari data akan kita simpan. Misalkan data yang kita simpan panjang karakter nya hanya 5, maka SQL server hanya akan mengalokasikan 5 karakter pada media penyimpanan, tidak 10 karakter. Lalu bagaimana jika kita menyimpan data yang karakter nya lebih panjang dari karakter yang kita deklarasikan pada field/kolom yang kita buat pada tabel. Seperti contoh diatas kita mendefinisikan suatu field/kolom dengan tipe data Varchar sepanjang 10 karakter dan ketika terjadi perubahan data panjang karakternya lebih dari itu, biasanya sih SQL Server akan menghasilkan pesan error dan data tidak dapat disimpan.

Persamaan antara tipe data Char dan Varchar yaitu keduanya sama-sama memliki kapasitas maksimum penampungan karakter sebanyak 255 karakter.



0 komentar: