Newbie Fox In Blogger
[close]

Kamis, 27 Oktober 2011

Cara untuk mengatasi penyakit gangguan tidur (Insomnia)

Welcome to my thread, here I will explain to u what the  reason of a person get the insomnia…. langsung aja newbie jelaskan kenapa, karena newbie sendiri termasuk orang yg sudah terkena penyakit insomnia juga T_T.. huhuhu menderita bgt saat newbie terkena penyakit gangguan tidur itu T_T

Penyakit gangguan tidur “INSOMNIA” merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Insomnia terjadi karena beberapa faktor, diantaranya merupakan faktor dari psikologis orang itu sendiri, dan juga faktor fisik, kebiasaan dan beberapa faktor lainnya yang juga menjadi penyebab Insomnia.

Faktor psikologis yang menyebabkan terjadinya penyakit sulit tidur ini meliputi kegelisahan, kekhawatiran dengan masalah pribadi dan mungkin dengan ekonomi orang tersebut dan rasa takut lainnya.

Selain semua tekanan yang dapat menyebabkan stress maupun depresi, faktor fisik juga dapat menjadi salah satu penyebabnya seperti perubahan hormonal dari seseorang itu sendiri…

Dan penyebab lainnya berasal dari faktor kebiasaan (Pengalaman Pribadi), nah ini merupakan penyebab yang sering di alami oleh kebanyakan orang. seperti saya pada saat mengerjakan tugas akhir yang tak kunjung selesai membuat saya harus begadang hingga pagi yang saya jalani selama beberapa hari… nah itu merupakan kebiasaan yang membuat saya menjadi terkena penyakit gangguan tidur ini selama beberapa bulan…

Bayangkan jika anda mengalami insomnia ini?? anda hampir tidak bisa tidur setiap hari… (saya hanya tidur 1 – 3 jam perhari) pasti akan sangat melelahkan bukan??

nah ini merupakan tips dari saya untuk mengatasi insomnia
1. Perbanyak olah raga
kegiatan berolah raga dapat membuat pikiran, dan kondisi kesehatan kita kembali fit. nah ini merupakan salah satu cara yang dapat menghilangkan tubuh dan otak menjadi stress.

2. Hindari makanan/minuman yang mengandung kafein
Batasi untuk mengkonsumsi kafein pada siang/malam hari. Ingat bahwa makan coklat terlalu banyak, minuman cola, kopi ataupun kakao merupakan sumber kafein yang cukup tinggi.

3. Hindari konsumsi alkohol dan rokok
Jangan minum minuman beralkohol dan merokok pada jam sebelum tidur. Karena Alkohol & Merokok juga dapat memperburuk insomnia.

4. Atur Pola Makan yang teratur
Jangan makan yang berlebihan pada malam hari, karena jika makan yang berlebihan dapat mengganggu tidur anda

Jadi jika anda hendak tidur, cobalah untuk merelaxasi diri anda agar terhindar dari stress yang berlebihan, pikirkan sesuatu yang dapat membuat anda nyaman dan merasa senang.
atau dengan membaca komik lucu ataupun menonton acara yang dapat menghibur diri anda agar jauh dari stress….

Sekian Tips dari saya, jika masih berlanjut dan makin parah….. yah apa boleh buat?? anda wajib mengkonsultasikannya ke dokter yang lebih paham…..
disini saya hanya membagikan tips yang saya terapkan pada saat saya terkena gangguan tidur ini…. dan hasilnya saya bisa kembali tidur normal ^_^



0 komentar: